Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Monday, 2 Syawwal 1441 / 25 May 2020

Buku Cerita Keislaman Laris Manis di IBF 2020

Sabtu 29 Feb 2020 11:24 WIB

Rep: andrian saputra/ Red: Hiru Muhammad

Tampak suasana IBF 2020 Jumat (28/2)di JCC

Tampak suasana IBF 2020 Jumat (28/2)di JCC

Foto: dok Muhyidin
Buku cerita yang dibeli tentang kisah Al Fatih dan Sayidina Al Ayubi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Buku-buku cerita keislaman menjadi yang paling banyak diburu pengunjung Islamic Book Fair 2020.  Pengunjung yang tertarik membeli buku cerita keislaman kebanyakan  dari kalangan usia anak sekolah dasar dan remaja. Namun ada juga guru sekolah yang tertarik membeli buku-buku cerita untuk dijadikan media mengajar. 

Deva Maulana (9 tahun) menjadi salah satu pengunjung yang antusias berburu buku-buku cerita. Ia bersama teman-temannya yang belajar di Lembaga Alif Education mengunjungi satu per satu penerbit yang menjajakan buku-buku cerita di IBF. 

Deva menjatuhkan pilihannya untuk membeli buku cerita perjuangan Sultan Muhammad Al Fatih. Deva mengaku tertarik untuk membeli buku itu lantaran berisi cerita bergambar dan berwarna. "Bagus gambarnya, saya sering baca buku cerita seperti Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad, tapi Al Fatih belum tahu," kata Maulana kepada Republika,co.id di IBF 2020 Jakarta Convention Center (JCC) pada Sabtu (29/2). 

Lain lagi dengan Adil Mursyid salah satu santri Pondok Pesantren Assalam Gunung Putri Bogor yang sengaja datang ke IBF untuk mencari buku-buku cerita. Adil merasa senang dapat berkunjung ke IBF karena dapat menemukan berbagai buku cerita keislaman yang menarik. Terlebih menurutnya beberapa penerbit membolehkan pengunjung untuk membaca atau melihat sekilas isi buku. 

Bagi Johanda, seorang guru les Alif Education yang juga antusias mencari buku cerita keislaman mengatakan buku-buku cerita memang menjadi salah satu media pembelajaran siswa di lembaganya. Menurutnya banyak buku keislaman bergambar yang menarik dengan harga yang murah di IBF.

Menurut Johanda dengan buku-buku cerita lebih mudah mengajarkan anak tentang berbagai hal.  "Kebetulan kita temanya sedang mempelajari komik dan sangat bermanfaat ke sini untuk mencari dan untuk memilih buku-buku yang bagus," katanya. 

Penerbit Al Kautsar menjadi salah satu penerbit yang menjajakan buku-buku cerita keislaman di IBF. Menurut petugas stand penerbit Al Kautsar, Ramadhan sejak pembukaan IBF pada 26 Februari, buku-buku cerita keislaman sangat laris diminati pengunjung.

Kebanyakan menurut Ramadhan buku-buku cerita yang banyak dibeli tentang kisah Al Fatih dan Sayidina Al Ayubi. Sebab buku-buku tersebut tak hanya berisi tulisan namun juga disertai gambar berwarna, sehingga menurut Ramadhan pembaca tidak akan bosan membacanya. Tak hanya itu, menurut Ramadhan buku-buku cerita keislaman di stand penerbit Al Kautsar pun dibandrol dengan harga murah dikisaran Rp 80 ribu.

Petugas stand Al Fatih Perss, Maulana juga mengatakan buku-buku cerita keislaman paling banyak dicari pengunjung. Al Fatih Pers sendiri menjajakan buku-buku cerita keislaman yang ditulis langsung oleh ustaz Felix Siauw. Tak hanya buku cerita, menurut Maulana buku-buku motivasi juga tak kalah digemari pengunjung. Buku-buku cerita keislaman di Al Fatih Press dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 70 ribu.

"Kalau bicara antusias, banyak ya. Sangat banyak yang cari komik, buku cerita bergambar tentang tokoh Islam. Mungkin karena bergambar itu jadi banyak yang suka," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA